السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
1. Memperbanyakkan Zikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala
Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala:
وَيَذْكُرُوا
اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ
“Dan supaya mereka menyebut nama
Allah pada hari yang telah ditentukan” (QS. Al Hajj: 28).
‘Ayyam ma’lumaat’ (أَيَّامٍ
مَعْلُومَاتٍ) menurut
salah satu penafsiran adalah sepuluh hari pertama Zulhijjah. Pendapat ini adalah pendapat jumhur (majorti)
seperti Ibnu ‘Umar, Ibnu ‘Abbas, Al-Hasan Al Basri, ‘Atha’, Mujahid, ‘Ikrimah,
Qotadah dan An Nakha’i, Abu Hanifah, Imam As-Syafie dan Imam Ahmad (pendapat
yang masyhur dari beliau). [Ibnu Rajab Al Hambali, Lathaif
Al-Ma’arif, hal. 462 dan 471.]
Imam Al-Bukhari rahimahullah menyebutkan:
وَقَالَ
ابْنُ عَبَّاسٍ وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِى أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ أَيَّامُ الْعَشْرِ
، وَالأَيَّامُ الْمَعْدُودَاتُ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ . وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ
وَأَبُو هُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِى أَيَّامِ الْعَشْرِ
يُكَبِّرَانِ ، وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيرِهِمَا . وَكَبَّرَ مُحَمَّدُ بْنُ
عَلِىٍّ خَلْفَ النَّافِلَةِ .
Ibnu ‘Abbas berkata, “Berzikirlah
kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan iaitu sepuluh hari pertama Zulhijjah
dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke
pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas
manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin ‘Ali pun bertakbir setelah solat
sunnah. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari tanpa sanad (mu’allaq), pada Bab
“Keutamaan beramal di hari tasyriq”)
Takbir yang dimaksudkan dalam
penjelasan di atas adalah sifatnya mutlaq, artinya tidak dikaitkan pada
waktu dan tempat tertentu. Jadi boleh dilakukan di pasar, masjid, dan saat
berjalan. Takbir tersebut dilakukan dengan mengeraskan suara khusus bagi
lelaki. Ada juga takbir yang sifatnya muqayyad, dikaitkan dengan
waktu tertentu iaitu dilakukan setelah solat wajib berjemaah.
Takbir muqayyad bagi orang yang
tidak berhaji dilakukan mulai dari solat Subuh pada hari ‘Arafah (9 Zulhijjah) sehingga
waktu Asar pada hari tasyriq yang terakhir. Bagi orang yang berhaji bermula
dari solat Zohor hari Nahr (10 Zulhijjah) hingga hari tasyriq yang
terakhir
.
Cara bertakbir adalah dengan ucapan: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaha illallah, Wallahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahil Hamd.
2- Menunaikan haji
Amalan yang utama di bulan Zulhijjah
ini adalah haji. Untuk para wanita, berhaji itu lebih afdal daripada
berjihad. Lebih-lebih lagi jika hajinya adalah haji mabrur, itu bahkan
boleh mengalahkan jihad. [Ibnu Rajab al-Hanbali,
Lathoif Al Ma’arif (hal. 463-464)]
Dari ‘Aisyah -ummul
Mukminin- radhiallahu ‘anha, dia berkata:
يَا
رَسُولَ اللَّهِ ، نَرَى الْجِهَادَ أَفْضَلَ الْعَمَلِ ، أَفَلاَ نُجَاهِدُ قَالَ
: لاَ ، لَكِنَّ أَفْضَلَ الْجِهَادِ حَجٌّ مَبْرُورٌ
Wahai Rasulullah, kami memandang
bahawa jihad adalah amalan yang paling afdal. Apakah kami harus berjihad?”
Rasulullah sallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak. Jihad yang
paling utama adalah haji mabrur”. (Riwayat Al-Bukhari no. 1520)
3- Disunnahkan puasa awal Zulhijjah
Yang lebih utama dari sepuluh
pertama Zulhijjah ialah puasa Arafah pada 9 Zulhijjah disesuaikan dengan hilal
di negeri masing-masing tidak mesti sesuai dengan wukuf di Arafah). Begitu pula
dianjurkan melakukan puasa sunnah sejak awal Zulhijjah, iaitu 1 - 9 Zulhijjah. Diantara sebab dianjurkan
berpuasa karena amalan tersebut ada kekhususan di mana Allah melipatgandakan
pahalanya, amalan tersebut hanya untuk Allah dan Dia yang akan membalasnya.
Keutamaan tersebut disebutkan dalam hadith berikut:
كُلُّ
عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى
سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى
وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى
“Setiap amalan kebaikan yang
dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang
semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),
“Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang
akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan
karena-Ku...” (Riwayat Muslim no. 1151)
Dalam riwayat lain:
قَالَ
اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى
“Allah Ta’ala berfirman (yang
artinya), “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa
adalah untuk-Ku”.” (Riwayat Al-Bukhari no. 1904)
Dalil yang menyokong anjuran
puasa di 10 hari pertama Zulhijjah adalah hadits dari Hunaidah bin Khalid, dari
isterinya, beberapa isteri Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:
كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ
عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْر.
“Rasulullah sallallahu ‘alaihi
wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Zulhijjah, pada hari
‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya (hijriyah), ...” (Riwayat
Abu Daud no. 2437. Syaikh Al Albani menilai hadith ini sahih)
Di antara sahabat yang
mengamalkan puasa selama sembilan hari awal Zulhijjah adalah ‘Abdullah bin
‘Umar/ Ibnu Umar -radiallahu ‘anhuma-. Ulama lain seperti Al-Hasan
Al-Basri, Ibnu Sirin dan Qatadah juga menyebutkan keutamaan berpuasa pada
hari-hari tersebut. Inilah yang menjadi pendapat majoriti ulama. ( Lathoif
Al Ma’arif, hal. 461)
Amalan soleh di awal Zulhijjah
tidak hanya terbatas dengan amalan di atas. Namun tiga amalan penting ini yang boleh da
digalakkan untuk diamalkan.
Kredit: Syaikh Muhammad Abduh
Tuasikal
Editor: Wadi
Sakan 27, Jami’ah Malik Su’ud,
Riyadh, KSA, 1 Zulhijjah 1433 H
والله أعلم بالـصـواب